Keadilan Rasulullah terhadap Pelanggar Janji

Abu ' Azza Jamahi adalah seorang kafir Quraisy yang sangat menentang Rasulullah. Tak aneh jika dia ikut berperang dalam perang Badar. Kaum Quraisy memang unggul dalam jumlah, tapi akhirnya kalah akibat mental dan kepercayaan diri yang lemah. Mereka kocar-kacir. Sebagian terbunuh, sebagian tertawan dan sebagian melarikan diri. Salah satu yang tertawan adalah Abu ' Azza Jamahi. Nabi Muhammad SAW yang luhur budi akhirnya membebaskan Abu ' Azza Jamahi yang berjanji tidak akan bergabung dengan kaum musyrik dalam kegiatan menentang islam lagi.

Ternyata janji tinggal janji. Abu ' Azza Jamahi melanggar janji dengan ikut kembali menentang islam dalam perang uhud. ketika kembali dari Hamr Al-Asad, kaum muslimin berhasil menangkap Abu ' Azza Jamahi lagi. Ia segera di hadapkan kepada Nabi Muhammad SAW. Ia memohon agar di bebaskan sekali lagi. Dan jawaban dari Rasulullah " Muslim sejati tidak akan tersengat lagi untuk kedua kali oleh kumbang yang sama. Akhirnya Abu ' Azza Jamahi di hukum mati.

Dalam kisah ini secara substantif islam mengajarkan agar umat islam bersikap belas kasihan,
memberi ampunan kepada orang yang telah menganiaya kepada kita. Tapi ditengah belas kasihan itu, Islam mengajarkan kewaspadaan dan ketegasan agar tidak mudah disepelekan.
" tegas terhadap kaum kafir dan kasih sayang terhadap sesama muslim".

0 komentar: